THERESYA GATRA STERI
201110104232
201110104232
I.
Identitas
Mata
Kuliah : Asuhan Neonatus Bayi dan Balita II
Pokok
Bahasan : Perawatan Bayi Sehari-Hari
Sub
Pokok Bahasan : Memandikan Bayi
Program
Studi/Semester : DIII Kebidanan
Stikes Aisyiyah/II
Waktu : 30 menit
II.
Kompetensi
Dasar :
Mahasiswa diharapkan mampu untuk memandikan bayi dengan benar
dalam perawatan sehari-hari bayi baru lahir.
III.
Indikator Ketercapaian:
1. Mahasiswa mampu untuk menyiapkan alat,tempat dan pasien dalam langkah-langkah
untuk memandikan bayi.
2. Mahasiswa mampu memahami langkah-langkah
memandikan bayi sesuai prosedur.
3. Mahasiswa
mampu untuk memandikan bayi baru lahir sesuai prosedur dengan benar.
IV.
Kegiatan Pembelajaran:
1. Prosedur
Komponen Langkah
|
Uraian Kegiatan
|
Metode
|
Media/ Alat
|
Estimasi Waktu
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
1. Pre
Conference
|
Diskripsi Singkat: pentingnya memandikan bayi baru
lahir setelah minggu pertama yaitu bertujuan untuk mempertahankan verniks
kaseosa dalam tubuh bayi guna stabilisasi suhu tubuh. Keterampilan memandikan pada bayi baru lahir dalam Praktik Klinik Kebidanan
sangat membantu mahasiswa untuk dapat memberikan asuhan
kepada bayi baru lahir normal secara komprehensif.
Relevansi: tanpa memiliki keterampilan memandikan bayi baru
lahir maka mahasiswa
tidak mampu mengembangkan pengalaman praktik klinik dengan baik dan benar serta tidak dapat
memberikan asuhan pada bayi baru lahir secara maksimal.
Pendahuluan:
1.
Memberi salam kepada mahasiswa
2.
Meminta mahasiswa untuk mereview
ulang praktik terakhir yang dilakukannya
3.
Menanyakan kepada mahasiswa tentang pengetahuan baru yang
di dapat selama praktik dan relevansinya
4.
Menanyakan
kepada mahasiswa, langkah mana yang ingin dilatih secara khusus dalam praktik
memandikan bayi yang akan dilakukannya
5.
Mereview
langkah-langkah di dalam penuntun belajar memandikan bayi yang dianggap sulit
oleh mahasiswa, yang akan dipraktikannya
6.
Bersama
mahasiswa, menentukan tujuan spesifik yang akan dicapai pada praktik memandikan
bayi
7.
Menyampaikan tahapan dan waktu yang akan dilalui pada praktik ini
8.
Membuat
kesepakatan dengan mahasiswa apabila terdapat kesalahan saat praktik
memandikan bayi dan cara memberitahukannya
|
Tanya jawab
|
Checklist
|
8
menit
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
2. Conference
|
1.
Memperhatikan
mahasiswa dalam melakukan keterampilan
a.
Mempersiapkan
alat
b.
Mempersiapkan
tempat
c.
Mempersiapkan
pasien
2.
Merujuk pada
penuntun belajar memandikan bayi saat mengadakan pengamatan
3.
Mencatat
kinerja mahasiswa dalam penuntun belajar memandikan bayi selama pengamatan
4.
Memperhitungkan
keberadaan klien saat memberi umpan balik kepada mahasiswa
5.
Memberi komentar
perbaikan setelah mahasiswa melakukan praktik keterampilan memandikan
bayi
|
Bed Site Teaching
|
Checklist
|
12 menit
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
3.
Post Conference
|
1. Memberi
salam dan ucapan selamat kepada
mahasiswa
2. Menanyakan
pendapat mahasiswa tentang praktik memandikan bayi yang baru saja
dilakukannya
3. Meminta
mahasiswa, menyebutkan langkah-langkah memandikan bayi yang telah
dikerjakannya dengan baik
4. Merujuk
kembali kepada penuntun belajar memandikan bayi
5. Melakukan
evaluasi secara lisan kepada mahasiswa
6. Memberi
saran spesifik untuk perbaikan
7. Memberi
umpan balik positif untuk langkah-langkah memandikan bayi yang telah
dikerjakan dengan baik
8. Bersama
mahasiswa menentukan tujuan dari praktik yang akan datang
|
Tanya jawab
|
Checklist
|
10 menit
|
2. Alat
·
Bak mandi berisi air hangat
·
Washlap
·
Sabun mandi
·
Handuk
·
Pakaian bayi
·
Kapas DTT
·
Bengkok
·
Sarung tangan
·
Scort
3. Evaluasi
1) Pengetahuan dinilai dari tanya
jawab sebelum dan sesudah melakukan tindakan memandikan bayi.
2) Keterampilan dinilai dari kemampuan mahasiswa dalam melakukan tindakan praktik
memandikan bayi sesuai dengan cheeklist yang ada.
3) Sikap dinilai dari aspek kedisiplinan, kejujuran,
kesopanan, kerjasama, kerapian dan tanggung jawab
Lampiran
1. Checklist keterampilan memandikan bayi.
2. Job sheet keterampilan memandikan bayi.
3. Materi memandikan bayi.
4. Format asuhan kebidanan pada BBL
Mengetahui,
Pembimbing Akademik
(Rusminingsing,S.ST)
Lampiran 1
PENUNTUN
BELAJAR MEMANDIKAN BAYI BARU LAHIR
No
|
ASPEK-ASPEK YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
0
|
1
|
2
|
||
A.
Sikap dan Perilaku
|
||||
1.
|
Mengucapkan
salam, menyambut klien, memperkenalkan diri dan berjabat tangan dengan ramah.
|
|
|
|
2.
|
Menjelaskan
tujuan tindakan yang akan dilakukan, meminta persetujuan dan kontrak waktu.
|
|
|
|
3.
|
Memberikan
kesempatan kepada klien untuk bertanya dan memberikan perhatian pada setiap
pertanyaan klien.
|
|
|
|
4.
|
Tanggap
dan merespon terhadap reaksi pasien
dengan tepat dan komunikasi aktif dengan pasien.
|
|
|
|
5.
|
Sabar
dan teliti, tidak tergesa-gesa, percaya diri dan tidak gugup.
|
|
|
|
B.
Persiapan
|
||||
6.
|
Persiapan tempat
a.
Bersih
b.
Aman
c.
Nyaman
d.
Rapi
e.
Tenang
|
|
|
|
7.
|
Persiapan alat
a. Bak
mandi berisi air hangat
b. Washlap
c. Sabun
mandi
d. Handuk
e. Pakaian
bayi
f. Kapas
DTT
g. Bengkok
h. Sarung
tangan
i. Scort
|
|
|
|
C.
Pelaksanaan
|
||||
8.
|
Mencuci
tangan dengan sabun dan air mengalir
|
|
|
|
9.
|
Memakai sarung tangan dan skort
|
|
|
|
10.
|
Meletakkan
bayi di meja mandi
|
|
|
|
11.
|
Membuka
pakaian bayi
|
|
|
|
12.
|
Membasahi
waslap dengan air hangat
|
|
|
|
13.
|
Menyeka
bayi dengan washlap basah dari kepala, leher, dada, tangan, perut, punggung,
kaki, bokong dan genetalia
|
|
|
|
14.
|
Membasahi
washlap dan beri sabun
|
|
|
|
15.
|
Menyeka
dengan waslap yang telah diberi sabun
mulai dari kepala, leher, dada, tangan, perut, punggung, kaki, bokong
dan genetalia
|
|
|
|
16.
|
Mengangkat
tubuh bayi dengan cara memasukkan tangan kiri kebawah leher bayi hingga
pergelangan tangan berada dibawah leher, tiga jari berada dibawah ketiak kiri
bayi dan ibu jari serta telunjuk dibagian bahu kiri. Tangan kanan memegang
bokong bayi melalui kedua paha bayi
|
|
|
|
17.
|
Memasukkan
bayi kedalam bak mandi dengan hati-hati dengan posisi setengah duduk
|
|
|
|
18.
|
Membersihkan
bekas sabun yang ada ditubuh bayi mulai dari kepala, leher,dada, tangan,
perut dengan tangan kanan penolong
|
|
|
|
19.
|
Menelungkupkan
bayi diatas tangan kiri, jari-jari dibawah ketiak kanan bayi
|
|
|
|
20.
|
Membersihkan
sabun yang ada ditubuh bayi mulai dari punggung, bokong, kaki dengan tangan
kanan penolong
|
|
|
|
21.
|
Mengembalikan
bayi keposisi telentang
|
|
|
|
22.
|
Mengangkat
bayi dan letakkan diatas handuk bersih, lembut dan kering
|
|
|
|
23.
|
Mengeringkan
tubuh bayi mulai dari kepala, leher, dada, tangan, perut, punggung, kaki,
bokong dan
|
|
|
|
24.
|
Membersihkan
tali pusat dengan kapas DTT
|
|
|
|
25.
|
Mengenakan
pakaian bayi
|
|
|
|
26.
|
Meletakkan
bayi dibox bayi/ditempat yang aman
|
|
|
|
27.
|
Membereskan
alat
|
|
|
|
28.
|
Membuka
sarung tangan serta skort
|
|
|
|
29.
|
Mencuci
tangan dengan sabun air mengalir, mengeringkan dengan handuk bersih
|
|
|
|
30.
|
Melakukan
pendokumentasian
|
|
|
|
D.
Teknik
|
||||
31.
|
Melaksanakan
tindakan secara sistematis, efektif dan efisien
|
|
|
|
32.
|
Melaksanakan
tindakan secara berurutan
|
|
|
|
33.
|
Menjaga
privacy pasien
|
|
|
|
34.
|
Memberikan
perhatian terhadap respon pasien
|
|
|
|
35.
|
Melaksanakan
tindakan dengan percaya diri dan tidak ragu-ragu
|
|
|
|
Total nilai
|
|
|
|
Yogyakarta,.......Juni
2011
Keterangan
Evaluator
0
= Tidak dilakukan sama sekali
1
= Dilakukan tetapi kurang sempurna
2
= Dilakukan dengan sempurna (.................................)
Nilai batas lulus >
70
Nilai
yang didapat
Nilai = x 100%
(Jumlah aspek yang dinilai x 2)
Catatan :
..................................................................................................................
Lampiran 2
PROSEDUR PELAKSANAAN
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
|
KEY POINT
|
1
|
Beritahu orang tua
bayi tindakan yang akan dilakukan
|
Segala
tindakan yang akan dilakukan harus kita informasikan kepada pasien/ keluarga
|
2
|
Siapkan
alat dan bahan untuk memandikan bayi
|
Penempatan
alat secara ergonomis
|
3
|
Siapkan ruangan
|
Tutup
pintu dan jendela untuk mencegah terjadinya hipotermi
|
4
|
Cuci
tangan dengan sabun dan air mengalir, keringkan dengan handuk bersih
|
Lepaskan
semua perhiasan di tangan dan lakukan dengan tehnik 7 langkah
|
5
|
Pakai
sarung tangan dan scort
|
Alat
perlindungan diri
|
6
|
Letakkan
bayi diatas meja mandi
|
Perhatikan
keamanan dan kenyamanan bayi
|
7
|
Buka
seluruh pakaian bayi
|
Lakukan dengan lembut, tetap jaga suhu tubuh
bayi dengan menggunakan kain sebagai alas
|
8
|
Basahi
washlap dengan air hangat
|
Gunakan
washlap yang lembut, dan memastikan kehangatan air secara tepat
|
9
|
Seka
bayi dengan waslap basah dari kepala, leher, dada, tangan, perut, punggung,
kaki, bokong dan genetalia
|
Lakukan
dengan urutan yang benar, gerakan yang lembut serta mantap
|
10
|
Basahi
waslap dan beri sabun
|
Gunakan
sabun secukupnya dan buat busa dengan waslap basah
|
11
|
Sabun
bayi mulai dari kepala, leher, dada, tangan, perut, punggung, kaki, bokong
dan genetalia
|
Lakukan
dengan hati-hati, sabun jangan mengenai muka bayi
|
12
|
Angkat
tubuh bayi dengan cara memasukkan tangan kiri kebawah leher bayi hingga
pergelangan tangan berada dibawah leher, tiga jari berada dibawah ketiak kiri
bayi dan ibu jari serta telunjuk dibagian bahu kiri. Tangan kanan memegang
bokong bayi melalui kedua paha bayi
|
Keamanan
agar bayi tidak mudah terlepas dari
pegangan
|
13
|
Masukkan
bayi kedalam bak mandi
|
Lakukan
dengan hati-hati dan dengan posisi
bayi setengah duduk
|
14
|
Bersihkan
bekas sabun yang ada ditubuh bayi mulai dari kepala, leher,dada, tangan, perut
dengan tangan kanan penolong
|
Pastikan
tubuh bersih dari sabun
|
15
|
Telungkupkan
bayi diatas tangan kiri, jari-jari dibawah ketiak kanan bayi
|
Bila
dengan cara ini ada kesulitan bersihkan bagian punggung dengan posisi bayi
terlentang
|
16
|
Bersihkan
sabun yang ada ditubuh bayi mulai dari punggung, bokong, kaki dengan tangan
kanan penolong
|
Pastikan
tubuh bayi bersih dari sabun
|
17
|
Kembalikan
bayi keposisi telentang
|
Pastikan
bayi dalam posisi aman, agar tidak lepas dari pegangan saat diangkat
|
18
|
Angkat
bayi dan letakkan diatas handuk bersih, lembut dan kering
|
Lakukan
dengan cekatan
|
19
|
Keringkan
tubuh bayi mulai dari kepala, leher, dada, tangan, perut, punggung, kaki,
bokong dan genetalia
|
Lakukan
dengan lembut dan urutan yang tepat
|
20
|
Bersihkan
tali pusat dengan kapas DTT
|
Perawatan
tali pusat dengan membersihkan menggunakan kapas yang dicelupkan air DTT
|
21
|
Kenakan
pakaian bayi
|
Jangan
biarkan bayi terlalu lama tanpa pakaian untuk mencegah kehilangan panas
|
22
|
Letakkan
bayi dibox bayi/ditempat yang aman
|
Keamanan
dan kenyaman bayi
|
23
|
Bereskan
alat
|
Jaga
kebersihan dan siap dipakai kembali
|
24
|
Buka
handscond
|
Lakukan
proses DTT
|
25
|
Cuci
tangan dengan sabun dan air mengalir, keringkan dengan handuk kering
|
Lakukan
dengan 7 langkah
|
26
|
Dokumentasikan
tindakan yang telah dilakukan
|
Bukti
asuhan, tanggung jawab dan tanggung gugat
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar